flash mob

apa itu flash mob?

ketika kita sedang asyik menikmati obrolan santai di sebuah tempat keramaian atau sedang duduk saja menikmati suasana tiba tiba ada sekelompok orang entah datang dari mana dan berteriak secara serentak dan ketika anda hendak mengetahui apa yg sedang terjadi, massa tersebut telah bubar dan seolah tak terjadi apa apa dan anda pun menyimpan pertanyan dalam benak anda APA ITU? atau anda tiba tiba mendengar kan sebuah musik keras satu persatu orang orang di sekitar anda menari dengan koreografi yang sama dan ketika selesai anda hanya bisa bertepuk tangan dan berdecak kagum lalu orang orang itu pergi dan anda tidak sempat menyadari yang tadi itu apa? nah itu adalah salah satu bentuk dari FlASH MOB!

jadi flash mob adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara massal dan memberikan efek kejut pada orang orang yang berada di sekitarnya atau bahkan memberikan rasa penasaran kepada orang orang yang melihatnya. uniknya tindakan tindakan yang dilakukan oleh flashmobber (orang orang yang melakukan flash mob) adalah sebuah tindakan yang memiiki seni tinggi atau lelucon konyol yang sifatnya menghibur.

salah satu flash mob terbesar yang pernah dilakukan adalah ketika BLACK EYED PEAS lagi manggung di chicago tiba tiba seorang wanita berjoged sendirian seperti orang gila, kemudian di ikuti oleh beberapa orang di belakangnya da akhirnya semua orang berjoged dengan koreo yang sama hingga membuat OPRAH WINFREY terkejut dengan aksi tersebut.

sejarah flash mob

flash mob pertama kali di lakukan oleh seorang senior editor harper's magazine bernama Bill wasik pada tahun 2003, dia melakukan itu untuk mencela "hipster" dengan merekrut 100 orang dan menyerbu sebuah departemen store untuk membeli sebuah karpet merah secara kolektif dengan keputusan bersama.

sebelum lebih jauh perlu saya jelaskan dulu apa itu hipster.

jadi hipster adalah sebuah fenomena budaya kontra kultur (menolak budaya maenstream) yang kemudian di kooptasi oleh kaum kapitalis dan menjadikan sebagai bahan konsumerisme .istilah ini muncul pada tahun 1940an kemudian menghilang dan muncul lg pada tahun 2000 mewakili anak anak muda yang tampil berbusana retro dan biasanya mereka memilih untuk mendengarkan lagu lagu yang tidak umum, atau selalu ingin tampil beda. jadi istilah hipster ini sangat dekat dengan istilah "alay" bedanya alay di golongkan kepada mereka yang ingin tampil keren namun ekonominya menengah kebawah sehingga busana mereka cenderung pas pas an dan mengikuti trend band atau artis idola mereka, sedangkan hipster bagi mereka yang memiliki ekonomi kelas tinggi.

jadi flash mob yang di lakukan oleh bill wasik ini di lakukan untuk mencela hipster tadi. pada tahapan selanjutnya flash mob berkembang menjadi sebuah seni yang tinggi dengan esensi kelakuan yang aneh secara beramai ramai serta membuat orang lain menjdi heboh dan menarik perhatian sehingga biasanya para pengusaha atau politisi menggunakan jasa mereka untuk brand sebuah produk atau mengkampanyekan sesuatu.

Komentar