makna cantik

Berbicara tentang kecantikan pada manusia, biasanya pembicaraan itu hanya di lekatkan pada perempuan saja. Hal ini terjadi karena perempuan memiliki kecantikanb dan kemampuan menampilkannya serta memiliki perhatian besar dari pada laki laki. Bahkan kita dapat berkata bahwa perempuan, hampir semuanya terlihat lebih indah ketimbang laki laki. Di sisi lain, laki laki lebih cenderung mencari kecantikan dan mengekspresikannya, sedangkan perempuan cenderung menampakkannya pada diri mereka.

Karena itu, dari sisi para seniman, seni pahat, atau suara yang berjenis kelamin laki laki seringkali mengekspresikan atau mendendangkan kecantikan perempuan saja, dan hampir mereka tidak menyentuh ketampanan laki laki.
Dari sini juga di pahami mengapa laki laki medambakan perempuan yang cantik, bahkan biasanya itu menjadi prioritas yang utama.
Nah, kalau kita bertanya apakah ukuran kecantikan perempuan? Di sini, kita dapat menemukan aneka ragam jawaban. Keragaman itu lahir dari subjektivitas manusia. Siapa yang dianggap cantik oleh si A boleh jadi tidak oleh si B, demikian juga sebaliknya. Karena itu, sungguh tepat ungkapan yang menyatakan bahwa tidak ada perempuan yang jelek, yang ada hanyalah bahwa sebagian dari mereka tidak pandai atau belum berhasil membuat dirinya menarik.
Kita dapat menyimpulkan dua hal pokok yang menjadi daya tarik perempuan
Pertama, merupakan sesuatu yang sudah melekat dalam dirinya seperti bentuk badan, warna kulit, mata, hidung, telinga dan sebagainya.
Kedua, adalah sesuatu yang ditambahkan pada tempat tempat tertentu dalam bagian dirinya seperti, gelang, cincin, kalung, dan semacamnya adalah alat alat yang digunakan sebagai hiasan dalam rangka menampakkan keindahan dan kecantikan.
Apa yang melekat itu bisa diperindah dan dipercantik dengan melakukan penambahan penambahan. Sejak dulu, orang mengenal “kuteks” untuk mewarnai bagian bagian kuku tangan dan kaki, bedak untuk penyesuaian warna kulit, juga tato.semakin maju ilmu dan teknologi, semakin maju pula alat dan perlengkapan kecantikan baru.
Hingga kini , apa yang terlihat melekat pada diri boleh jadi bukan lagi yang asli, tetapi lahir sebagai upaya make up. Setiap wanita dapat menukar matanya setiap saat setelah ditemukannya lensa kontak. Mata yang sipit pun bisa jadi lebar melalui pemasangan plastik di kelopak mata.
Dulu, banyak masyarakat menilai bahwa perempuan yang gemuk adalah perempuan cantik.gemuk juga dijadikan petanda kesejahteraan hidup sehingga perempuan masa lalu ingin tampil gemuk. Badan yang penuh lemak adalah ukuran utama, sedangkan lainnya tidak terlalu penting.
Pada masa kini, ukuran kecantikan lebih banyak ditentukan oleh media massa melalui aneka sarananya yang mempengaruhi laki laki dan perempuan dalam menampilkan kecantikan dan ketampanannya, sekaligus mempengaruhi penilaian masyarakat. Medialah yang mempengaruhi perempuan untuk tampil langsing dan kurus sehingga mereka rela menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum serta berolah raga yang melelahkan, bahkan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk meraih ukuran kecantikan itu. Media juga menampilkan bintang film perempuan tampil seperti laki laki tidak saja gondrong, tapi juga yang berambut pendek. Itu semua di tiru dengan antusias oleh banyak orang. Kini, tidak keliru yang berkata bahwa perempuan yang menarik banyak laki laki adalah yang mampu menggabungkan dalam dirinya kelakilakian dan keperempuanan. Salah satu indikatornya adalah celana jeans yang dulu hanya di pakai oleh laki laki, kini dipakai juga oleh perempuan
Belum lagi pertarung produk kecantikan yang satu dengan yang lainnya yang merajai pasaran di iklan pertelevisan kita, dan sebsagai konsumen hanya mampu melihat dan mengikuti setiap indikator indikator kecantikan yang di perankan oleh bintang film yang pada dasarnya memang memiliki kulit yang halus, dan paras yang cantik

Komentar

  1. sebenarnya pada dasarnya semua perempuan itu cantik karena mereka itu diciptakan sebagai mahluk yg memiliki keunikan tersendiri dan keunikan yg mereka miliki itulah yg menjadi kecantikan perempuan,perempuan yg tidak mengikuti mode kekinian yg dipublikasikan lewat media bukan berarti tidak cantik, hanya saja orang yg menilai itu, yg tidak pernah sadar dengan kecantikan semua perempuan.........

    BalasHapus
  2. hmmmmm, benar juga kata anda..! tp kita tidak lagi berbicara tentang konsep dasar cantik, tp kita bicara pada konteks kekinian!

    cara berpakaian, gaya hidup, aksesoris dan lain lain menjadi pilihan utama perempuan kita hari ini agar masuk dalam kategori cantik.

    BalasHapus

Posting Komentar